Minggu, 09 September 2007

OBAT HERBAL UNTUK IMSONIA

Penyakit insomnia (susah tidur) bukan ditentukan dari berapa lama waktu tidur, melainkan lebih pada kualitas tidur, yaitu apakah kita benar-benar bisa beristirahat saat tidur. Sebenarnya orang dewasa hanya perlu tidur 6-8 jam sehari, sedangkan pada anak-anak harus lebih dari 6-8 jam sehari. Setiap orang sekali waktu pasti pernah mengalami susah tidur.

Namun, akan menjadi masalah bila terjadi setiap malam selama 3 minggu secara berturut-turut. Seseorang baru dikatakan menderita insomnia bila ia mengalami kesulitan tidur nyenyak, sering terbangun di malam hari, sering bangun terlalu pagi dan susah untuk tidur kembali, rasa kantuk atau lelah disiang hari.

Semakin tua tentu seluruh organ yang ada di dalam tubuh akan berkurang kerjanya alias tidak maksimal lagi, begitu pula dengan sistem saraf yang ada di otak akan semakin lemah.

Hal lain yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur adalah rasa cemas yang berlebihan sehingga memaksa mata untuk terus berjaga kendati sudah sangat mengantuk. Atau sering berpikir (neorosis) yang menyebabkan otak terus berkerja.

Cara mudah untuk jatuh tidur, adalah dengan banyak menyantap kangkung. Karena kankung mempunyai zat sedatif (penenang/obat tidur). Karenanya, tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan dalam porsi banyak dengan menu utama kangkung. Atau banyak mengemil manisan buah pala. Namun, jika anda menderita penyakit maag, cara ini tidaklah cocok.

Untuk herba, bisa mengonsumsi Mengkudu (3x2), Omega-3 Sofgel (2x2) dan Teh Herba (2 uncang untuk diminum pagi dan sore). Ketiga herba tersebut, jika diminum pagi, sebaiknya 30 menit sebelum makan. Dan bila dikonsumsi malam hari terutama menjelang tidur, sebaiknya 2 jam setelah makan. Di samping itu, sangat dianjurkan untuk ayat-ayat Al-Quran yang bisa dihafal sebelum tidur. Serta perbanyaklah berdzikir, karena dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram.

Tidak ada komentar: