Minggu, 09 September 2007

OBAT HERBAL UNTUK ALERGI

Alergi sebenarnya merupakan manifestasi tubuh yang menolak terhadap masuknya benda-benda asing ke dalam tubuh. Atau, reaksi tubuh terhadap bahan-bahan yang di dapat dalam lingkungan hidup sehari -hari.

Pada hakekatnya, dasar kelainan pada alergi adalah oleh karena sistem pertahanan tubuh yang terganggu fungsinya. Selain itu, alergi biasanya merupakan penyakit keluarga, karena faktor kerentanan ini yang biasanya diturunkan ke anak atau cucunya.

Faktor penyebab alergi atau yang biasa disebut alergen itu bermacam-macam. Pada kasus ini, sebenarnya gatal-gatal di kaki itu sudah menjadi petanda adanya gangguan pada kulit. Garukan yang anda lakukan, hanyalah menyebabkan kuman atau bakteri penyebab dari gatal-gatal tersebut melebar ke bagian kaki yang lainnya dan menambah parah gatal-gatal tersebut yang kemudian menjadi penyakit kulit atau dermatitis.

Dermatitis atau yang lebih dikenal sebagai eksim merupakan penyakit kulit yang mengalami peradangan. Itu dapat terjadi karena bermacam sebab dan timbul dalam berbagai jenis. Umumnya eksim menyebabkan pembengkakan dan rasa gatal pada kulit. Secara umum eksim memang tidak berbahaya, dalam arti tidak membahayakan jiwa dan tidak menular. Namun, eksim dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan amat mengganggu.

Eksim ternyata tidak hanya menimbulkan gatal, tapi juga komplikasi. Bentuk komplikasi eksim seringkali menimbulkan infeksi pada kulit yang pecah-pecah dan meradang. Jika di kulit tangan ada strip merah seperti goresan, mungkin mengalami selulit (cellulitis), infeksi bakteri yang terjadi di bawah jaringan kulit.
Selulit muncul karena peradangan pada kulit yang terlihat bentol-bentol, memerah, berisi cairan, dan terasa panas saat disentuh. Selulit muncul pada seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya tidak bagus. Jika hal ini terjadi, segera konsultasi ke dokter spesialis kulit.

Ada beberapa hal yang dapat meminimalisasi eksim, adalah: Jangan berganti-ganti sabun mandi. Hanya gunakan sabun mandi yang lembut, tidak terlalu berbusa, dan tak menghilangkan minyak natural tubuh. Pastikan air yang digunakan untuk mandi adalah air bersih. Keringkan tubuh. Gosok tubuh dengan handuk yang lembut dan bersih segera setelah mandi sampai air yang melekat di kulit tersapu dengan handuk.

Untuk herba, anda bisa meminum Coscinium Plus, 2 x 2, Mengkudu 2 x 2, dan Teh Herba 2 x1, diminum 30 menit sebelum. Sedangkan untuk pemakaian luar bisa diolesi Cream Tea Tree, pemakainnya tipis saja di tempat-tempat yang gatal.

Di samping itu, cobalah cek kadar gula darah anda, karena kadar gula yang tinggi yang menjadi pencetus timbulnya penyakit kencing manis, salah satu cirinya adalah timbulnya gatal-gatal pada tubuh. Jika memungkinkan, pola makan anda kalau bisa dirubah dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran sambil menghindari makan telur, ikan laut, mie instant karena banyak mengandung MSG. Atau makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, penyedap, dan bahan pewarna.

Yang terpenting, ketika gatal menyerang jaranglah menggaruknya. Karena, menggaruk hanya akan memperburuk keadaan. Kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda.

Tidak ada komentar: