Minggu, 09 September 2007

MENGATASI PENYAKIT RADANG TENGGOROKAN

Radang pada tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya: terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, gorengan, air es, makanan yang terlalu panas, kebiasaan merokok, atau disebabkan oleh sejenis virus atau kuman yang menyerang bagian tenggorokan.

Sebaiknya kebiasaan buruk yang tersebut di atas tadi sebaiknya dihindari untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit radang tenggorokan. Di bawah ini adalah resepnya, dan semoga lekas sembuh.

Ramuannya:

* ambil 10 lembar daun sambung nyawa yang masih segar
* 2 batang lendir lidah buaya ukuran sedang
* 1/2 genggam daun sambiloto kering
* 1 tapak kaktus lidah macan diambil dagingnya dibuang durinya
* 3 ruas jari jahe
* 5 butir kapulaga


Cara membuatnya:

Semua bahan tersebut di atas tadi direbus dengan menggunakan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas lalu disaring dan dicampur dengan 3 sdm (sendok makan) madu murni lalu diminum selagi hangat pada waktu pagi-siang-malam hari. Sebaiknya merebus ramuan gunakan wadah yang terbuat dari keramik untuk menghindari kontaminasi atau reaksi kimia dari wadah yang terbuat dari logam dan waktu merebus ramuan sebaiknya api kompor jangan terlalu besar biar sari pati tumbuhannya terserap dengan baik dan tidak gosong. Selamat mencoba dan jangan lupa berdoa biar ramuannya lebih berkhasiat ganda.


Peradangan pada tenggorokan menyebabkan penderita akan merasa sakit saat menelan, suara serak, sakit pada otot dan sendi mengeluarkan ingus dan mulut berbau kurang enak. Sebagai akibat dari radang tenggorokan, dapat pula muncul seperti; pembengkakan getah bening di leher, demam, sakit kepala, nyeri perut, muntah-muntah dll.

Radang tenggorokan biasa disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus. Radang tenggorokan banyak dialami oleh orang yang mengkomsumsi alcohol, alergi batuk dalam jangka waktu lama, perokok, debu, serta penggunaan suara yang berlebihan.

Pengobatan:

o Ambil 1 genggam krokot yang telah dicelupkan sebentar ke dalam air panas + 1 buah pir kemudian semua bahan tadi diblender dengan menggunakan air secukupnya lalu tambahkan 2 sendok makan madu. Minum ramuan ini 3 x sehari secara teratur selama 2 minggu.

o Ambil 2 helai tanaman brojo lintang atau daun kipas yang telah dicelupkan ke dalam air panas sebentar + 10 lembar daun sambung nyawa kemudian 2 bahan tadi diblender dengan air secukupnya lalu diminum 3x sehari sehingga sembuh.

o Ambil 2 telapak kaktus gepeng yang telah dikupas kulitnya kemudian di iris-iris + 1 genggam daun sambiloto kering kemudian direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas lalu diminum 3 x sehari.

Untuk penyembuhan yang cepat sebaiknya hindari makanan yang digoreng, dibakar, air es, alcohol, pedas-pedas, merokok, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: