Minggu, 09 September 2007

MANFAAT MADU

"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya,
didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang
demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Alloh) bagi orang-orang yang
memikirkan" ayat 69 dari surat An Nahl

Madu tidaklah mendapat perhatian dari para peneliti Barat selama beberapa dekade lalu, seperti perhatian yang didapatnya selama dua tahun terakhir. Berpuluh-puluh kajian ilmiah dalam dua tahun terakhir telah dipublikasikan, nyaris setiap minggu selalu ada satu kajian ilmiah yang mantap mengenai madu yang dipublikasikan di majalah-majalah internasional yang kredibel.

Anjuran Berobat dengan Madu

Alloh Ta’ala berfirman :

“Robbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah rumah-rumah di gunung-gunung, pohon- pohon, dan pada tempat-tempat yang dibikin oleh manusia. Kemudian makanlah setiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Robbmu dengan mudah’; dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia. Sungguh dalam yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan (Alloh) bagi kaum yang berpikir.” (An-Nahl [16] : 68-69)

Dalam Sunnah Nabi terdapat beberapa hadits yang diriwa-yatkan, menyebutkan tentang manfaat-manfaat madu serta menjelaskan pentingnya madu dalam penyembuhan. Diriwayat-kan dari Ibnu ‘Abbâs ra, ia berkata: Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Kesembuhan terdapat dalam tiga hal, yakni minuman madu, sayatan alat bekam, dan sundutan api. Aku melarang umatku berobat dengan sundutan api.” (Shohîhu `l-Bukhôrî (5680))

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda, “Jika di sebagian obat-obatan yang kalian gunakan terdapat kebaikan, maka itu terdapat dalam minuman madu, sayatan alat bekam, atau sundutan dengan api, tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan api.” (Shohîhu `l-Bukhôrî (5702))

Rahasia Kehebatan Madu yang Terungkap oleh Kedokteran Modern

Manusia telah menggunakan madu untuk pengobatan, sejak zaman kuno. Salah satu mitos yang populer di masyarakat adalah bahwa para peternak lebah bisa hidup secara sehat dan berusia panjang, melebihi yang lain.

Para ahli sejarah menyebutkan bahwa Phytagoras hidup dalam usia lebih dari sembilan puluh tahun. Makanan pokoknya sehari-hari terdiri dari roti dan madu.Diskusi tentang madu mendapat banyak perhatian dalam artikel-artikel yang dipublikasikan selama beberapa tahun bela-kangan ini di majalah-majalah kedokteran yang terpercaya, penulis akan mengutip sebagiannya sebagai berikut :

1. Bakteri Tidak Mampu Melawan Madu

Demikian judul sebuah artikel yang dipublikasikan di Majalah Dis Lancet Infect, bulan Februari 2003 M. Dalam artikel ini, Dr. Dixon menegaskan adanya kekuatan besar di dalam madu yang mampu mengalahkan bakteri, di mana bakteri-bekteri itu tidak mampu bertahan di hadapan madu. Penulis menganjurkan untuk menggunakan madu dalam mengobati berbagai jenis luka, termasuk luka bakar.

Berbagai riset ilmiah menunjukkan bahwa karakteristik fisikawi dan kimiawi madu, misalnya tingkat keasaman dan pengaruh osmoticnya, yang berperan dalam efektivitasnya membunuh bakteri. Di samping itu, madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti).

Hasil terakhir adalah bahwa madu melawan pembusukan oleh bakteri dan mempercepat pulihnya luka-luka, luka bakar, dan borok.

2. Penggunaan Madu Sebagai Antiluka

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Majalah Ann Plast Surg, bulan Februari 2003 M, dilakukan penelitian terhadap 60 pasien berkebangsaan Belanda yang terkena luka dalam, yang bermacam-macam, meliputi luka-luka menahun (21 pasien), luka-luka kompleks (23 pasien), dan luka-luka memar yang parah (16 pasien).

Para peneliti menyatakan bahwa penggunaan madu mudah dilakukan bagi semua pasien, kecuali satu orang, membantu pembersihan luka, dan tidak terjadi efek samping apa pun dari penggunaan madu dalam pengobatan luka-luka tersebut.

Para peneliti menyarankan dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Majalah Arch Surgery tahun 2000 M digunakannya madu untuk melindungi garis tepi luka-luka yang terjadi selama proses operasi pengangkatan tumor.

3. Madu dan Luka Bakar

Dalam rubrik “Luka Bakar” majalah Durns tahun 1996 M, telah dipublikasikan sebuah artikel tentang penggunaan madu untuk pengobatan luka bakar. Artikel tersebut menganjurkan penggunaan madu untuk luka bakar.

4. Madu Kaya Kandungan Antioksidan

Dalam studi yang dipublikasikan pada bulan Maret 2003 M di Majalah Agric Food Chem, para peneliti membandingkan antara pengaruh konsumsi minuman jagung atau madu dengan takaran 1,5 gr/kg berat badan terhadap efektivitas antioksidan. Kandungan plasma antioksidan fenolic telah bertambah dengan persentasi lebih tinggi setelah mengkon-sumsi minuman madu daripada setelah mengkonsumsi minuman jagung. Penelitian tersebut mengindikasikan bahwa antioksidan fenolic yang ada di dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress).

5. Madu dan Kesehatan Mulut

Profesor Amoln menegaskan dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Majalah Dentgen pada bulan Desember 2001 M, bahwa madu bisa memainkan peran penting dalam pengobatan penyakit-penyakit gusi, sariawan, dan berbagai gangguan mulut lainnya, hal itu disebabkan madu memiliki spesifikasi anti bakteri.

6. Madu dan Pengobatan Infeksi Selaput Lendir Akibat Radiasi

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Majalah Support Care Cancer, pada bulan April 2003 M, telah dilakukan terhadap empat puluh pasien yang mengidap kanker di kepala dan leher dan mereka itu membutuhkan penyinaran (radio therapy).

Para peneliti berkesimpulan bahwa pemberian madu secara lokal pada saat dilakukannya radioterapi merupakan metode terapi yang efektif, serta tidak memberatkan untuk men-cegah terjadinya infeksi selaput lendir di mulut.

7. Antara Madu dengan Infeksi Lambung (Maagh) dan Tukak Lambung

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Pharmacolres tahun 2001 M, para peneliti menyatakan bahwa madu bisa membantu pengobatan infeksi lambung. Para peneliti juga melakukan penelitian lain tentang pengaruh madu alami terhadap bakteri yang terbukti bisa menyebab-kan terjadinya tukak lambung atau infeksi lambung, yang dikenal dengan sebutan bakteri pylori. Diperoleh kejelasan bahwa pemberian cairan madu dengan konsentrasi 20 % bisa melemahkan bakteri tersebut di piring percobaan. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Majalah Tropgastroent tahun 1991M.

8. Madu Mencegah Terjadinya Radang Usus Besar (Colitis)

Bisakah madu mencegah terjadinya radang usus besar pada tikus? Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh para peneliti di Universitas Raja Saud di Kerajaan Saudi Arabia. Pertama-tama mereka menciptakan terjadinya infeksi colon pada tikut-tikus percobaan tersebut dengan melukai tikus-tikus itu dengan acetic acid, setelah tikus-tikus itu diberi madu, glukosa, dan fruktosa melalui mulut dan anus selama empat hari. Para peneliti berhasil mengetahui bahwa madu bisa berperan baik dalam melindungi colon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat.

Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda kepada orang yang datang kepada beliau, melaporkan bahwa saudaranya mengeluh sakit perut. Maka, beliau bersabda, “Minumkan madu kepada-nya…”. (Muttafaqun ‘alaih : Bukhôrî (5684) dan Muslim (2217))

9. Madu dan Kulit Kepala

Karena madu berkhasiat membunuh bakteri, sekaligus ber-fungsi sebagai anti jamur dan antioksidan, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi, maka seorang peneliti bernama Dr. Wailial telah melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh madu dalam mengobati dermatitis (infeksi kulit) karena minyak dan ketombe.

Hasil-hasil penelitiannya dipublikasikan dalam majalah Eurjmealres pada tahun 2001 M. Ia telah mempelajari 31 pasien yang terkena infeksi kulit karena minyak yang kronis, yang mengenai kulit kepala, wajah, dan bagian depan dada. Mereka itu terdiri dari dua puluh orang pria dan sepuluh orang wanita, usia mereka berkisar antara 15-60 tahun.

Penyakit-penyakit kulit yang ada pada mereka menimbulkan sisik-sisik putih di atas permukaan kulit yang kemerah-merahan. Para pasien diminta memakai cairan madu dengan konsentrasi 90 % (madu yang dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah sambil diurut-urut pelan terus-menerus selama 2-3 menit.

Madu tersebut dibiarkan selama kurang lebih tiga jam sebelum dicuci dengan air hangat. Para peneliti terus memonitor kondisi para pasien setiap hari, khususnya terkait dengan keluhan gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Terapi ini dilakukan selama empat pekan, ternyata masing-masing pasien merespon baik sekali terapi ini. Gatal dan ketombe mereka hilang selama satu minggu, sedangkan penyakit-penyakit kulit sembuh dalam jangka waktu dua minggu. (Artikel Asrôru `l-‘Asal Tatajallâ fi `th-Thibbi `l-Hadîts, Dr. Hassân Syamsu Bâsyâ, Hai’atu `l-I‘jâzi `l-‘Ilmî fi `l-Qur’ân wa `s-Sunnah, edisi kelima belas, 1424H)

Benarlah firman Alloh Ta’ala, “Dari perut lebah itu keluar minuman yang beraneka ragam warnanya, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (An-Nahl [16] : 69)

10. Madu dan Pengobatan Kencing Manis. (At-Tadâwî bi ‘Asali `n-Nahl, ‘Abdul Lathîf ‘آsyûr, hal. 94)

Madu bisa menurunkan kadar gula di dalam darah para pengidap penyakit diabetes. Bukti-bukti menguatkan bahwa di dalam madu terdapat unsur oksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah, sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. (Buku Syafâkallôhu wa ‘آfâka, ‘Alî Rôwî)

Madu merupakan nutrisi kaya vitamin B1-B5-C, di mana para pengidap diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Madu mengandung sekitar seratus unsur yang berbeda-beda yang tergolong sangat penting bagi tubuh manusia, khususnya bagi para pengidap diabetes. (Ath-Thibbu wa `n-Nahl, Dr. Na‘ûm Pitrovitsm, diterjemahkan oleh Dr. Ibrôhîm Manshûr Syâmî, hal. 90)

Manfaat madu ini bisa dipastikan bila penyebab kencing manis bukanlah tidak adanya insulin sama sekali, melainkan sulitnya menstimulasi sel-sel yang memproduksi insulin di dalam darah. Dalam kondisi seperti ini, sesendok kecil madu (Harap diperhatikan supaya madu yang diminum benar-benar alami, tanpa campuran makanan lebah yang disediakan oleh para peternak madu, misalnya gula dan jeruk yang biasa mereka sediakan untuk makanan lebah) akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Tapi, pengidap kencing manis harus melakukan analisis darah sebelum dan sesudah meminum madu, untuk menentukan takaran yang diboleh-kan untuknya di bawah pengawasan dokter.



Apakah anda mengetahui kegunaan dari Madu?
Berikut saya tuliskan bagi anda yg saya ambil informasinya dari High Desert yg memiliki sendiri perkebunan lebah dan madu.Madu Lebah adalah anugerah Tuhan bagi manusia. Sejak awal peradaban manusia, madu merupakan produk lebah yg penggunaannya paling populer. Manusia telah memanfaatkan madu sebagai makanan, bumbu penyedap, obat dan perawat kecantikan.
Karena khasiatnya yg hebat itulah bangsa Mesir Kuno menggunakannya sebagai bekal yg disertakan bagi rajanya yg dikubur dalam piramid dan juga memakannya sebagai ramuan pengawet mumi raja tsb..
Reputasi madu dalam mengatasi gangguan pernapasan tetap diakui, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yg menyumbat saluran pernapasan. Masyarakat Yunani dan Romawi percaya dengan khasiat madu sebagai dekongestan (pelega hidung saat pilek).
Madu juga memiliki sifat sedatif (penenang) yg ringan krn itu masyarakat tradisional sering mencampurkan madu pada segelas susu untuk diminum sebelum tidur.Minuman ini membuat mereka rileks dan bisa segera tidur nyenyak.Efek lain madu yg sejak lama diyakini adalah sebagai aprodisiaka atau pembangkit gairah seksual. Istilah honeymoon berasal dari tradisi kuno masyarakat Eropa Utara ketika pasangan pengantin baru diharuskan mengkonsumsi madu dan mead (minuman sejenis anggur hasil fermentasi madu).Sebagai tonikum, madu dicampur dengan kuning telur ayam mentah dan merica bubuk. Para penyanyi opera pun memanfaatkan madu untuk memelihara kondisi tenggorokan mereka agar tetap dpt melantunkan lagu dengan merdu.
Segelas air hangat dicampur lemon dan madu merupakan ramuan tradisional yg biasa digunakan untuk mengikis radang tenggorokan. Bila mulut sariawan / meradang, madu diencerkan dengan air untuk kumur. Meskipun bersifat melawan infeksi, madu tidak menyebabkan kerusakan gigi krn kemampuannya melawan bakteri penghasil asam laktat.Krn dapat bersifat basa, madu dapat melindungi lambung dan usus dari penumpukan asam di dalamnya. Luka2 dalam usus juga akan cepat sembuh jika penderita selalu makan makanan yg dicampur madu.

Madu yang baik biasanya bila termasuk kategori madu asli yang berkualitas dan akan semakin baik bila mengandung banyak factor antioksidan di dalamnya. Saya pribadi ndak bisa menyarankan untuk membeli merk tertentu, namun semoga beberapa informasi di bawah ini dapat membantu dalam memutuskan satu produk madu yang akan di beli.

Madu asli biasanya merupakan eksudat gula atau sari bunga yang dikumpulkan, diubah, dan diikat dengan senyawa-senyawa tertentu oleh lebah, tertutama Apis mellifera. Kualitas madunya sendiri ditentukan oleh kualitas tanah tempat sumber nektar tumbuh, sumber nektar, cuaca, derajat pemasakan, dan cara ekstraksi. Madu asli ini sendiri dibedakan atas:

Madu floral (madu monofloral: dihasilkan dari satu jenis tanaman, dan madu polyfloral; dihasilkan dari beberapa tanaman);

Madu embun(dihasilkan dari cairan hasil sekresi serangga tertentu yang meletakkan eksudat gulanya pada tanaman, kemudian dikumpulkan oleh lebah madu dan disimpan dalam sarang madu)

Royal jelly (sari madu), yakni madu yang dihasilkan (sebenarnya) khusus untuk ratu lebah. Kadar gizi tertinggi terutama kandungan hormone gonadotropin-nya.

Harganya sedikit agak mahal. Karenanya kita perlu mewaspadai barang tiruan jenis madu ini yang banyakberedar. Dari cara menjualnya, madu asli dibedakan menjadi madu cair (dijual setelah diekstrak dari sarangnya) dan madu sisir (dijual masih utuh tertutup dalam sisirannya atau sarangnya).

Terus tau asli ato gaknya dari mana yah ?
Ada beberapa cara untuk mengetahui keaslian madu (paling tidak sejauh yang saya tahu yaa).

Pertama: ujian keaslian dapat dilakukan dengan cara mengocok madudalam botol pengemasnya. Madu asli biasanya setelah mengalami proses pengocokan akan mengeluarkan buih, sedangkan madu palsu tidak. Karenanya saat madu asli dalam botol, ia akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka, maka akan terdengar suara letupan kecil.

Kedua: uji keaslian dapat juga dilakukan dengan cara meneteskan madu pada selembar kertas. Madu yang berkategori palsu biasanya akan lebih mudah diserap oleh kertas karena kadar air yang dikandungnya lebih tinggi dibanding madu asli. Selain itu intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih "lengket" di
lidah. Sebaliknya pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 - 6,1.

Ketiga: penggunaan alat polarimeter dapat pula digunakan untuk mengetahui keaslian madu. Madu asli secara optis akan memutar ke kiri, sedangkan madu palsu akan memutar ke kanan.

Keempat: Biarkan botol madu terbuka beberapa lama. Jika semut segera dating berkerumun, berarti anda telah salah pilih. Ketahuilah, semut tidak menyukai rasa manis glukosa dan fruktosa dalam madu

Kelima: Teteskan sedikit madu pada kertas, misalnya kertas koran. Jika madu tersebut cukup cepat mengembang berarti mutu madu itu buruk, karena kadar air yang terkandung terlalu tinggi.

Keenam: Ambil sebatang korek api, masukkan ke dalam madu lalu nyalakan. Jika korek bisa menyala, berarti madu tersebut asli.

Ketujuh: Kocoklah madu beberapa saat. Madu yang baik tidak menghasilkan banyak busa.

Beberapa manfaat madu sejauh ini yang saya ketahui adalah:

1. Meningkatkan nafsu makan dan menurunkan tingkat morbiditas (kesakitan)Dari hasil penelitian Y Widiodo (2001), peneliti di PusatPenelitian dan Pengembangan Gizi Bogor ditemukan hasil bahwa pemberian madu secara teratur setip harinya dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) sekaligus memperbaiki nafsu makan pada balita.

Penelitian ini dilakukan pada balita pasien Klinik Gizi, Puslitbang Gizi, yang menderita kurang energi protein (KEP) akibat krisis moneter. Sample penelitianya sendiri terdiri dari 51 balita usia 13 - 36 bulan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, pertama Kelompok Madu (25 orang) sebagai sampel, dan kedua Kelompok Syrup (26 orang) sebagai kontrol. Kedua kelompok sama-sama diberi tambahan vitamin B-kompleks dan vitamin C (50 mg).

Variabel yang diamati antara lain data antropometri (umur, bobot badan, tinggi/panjang badan), sosial-ekonomi, recall konsumsi, riwayat kesehatan anak pada saat sebelum, selama, dan sesudah perlakuan sekitar dua bulan. Hasil penelitian tsb menghasilkan data bahwa tingkat morbiditas terhadap panas dan pilek kelompok madu atau sampel menurun, nafsu makan meningkat, porsi dan frekuensi makan bertambah, sehingga konsumsi energi dan protein mereka juga meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapat syrup. Manfaat kesehatan pemberian madu yang terlihat dalam penelitian tersebut antara lain disebabkan oleh dua hal.
Pertama, madu merupakan makanan yang mengandung aneka zat gizi sedangkan gula hanya mengandung energi/ kalori.
Kedua, madu ternyata juga mengandung senyawa yang bersifat antibiotik.

Mengandung faktor pertumbuhan
Kandungan gizi utama madu yang terdiri dari senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%) akan menambah intake energi yang diperlukan oleh balita.

Kadar protein dalam madu sendiri relatif kecil, sekitar 2,6%. Tapi kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino non esensial maupun esensial. Asam amino inilah yang turut pula
memberikan sebagian keperluan protein pada tubuh balita.

Jenis Vitamin yang terdapat dalam madu juga beraneka ragam Beberapa vitamin yang tercatat ditemukan dalam madu antara lain vitamin B1, vitamin B2, B3, B6, dan vitamin C. Demikian halnya kandungan mineralnya yang terdiri dari kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur. Walaupun jumlahnya relatif sedikit, namun mineral dari madu merupakan sumber ideal bagi tubuh manusia karena imbangan dan jumlah mineral madu mendekati kuantitas yang terdapat dalam darah manusia.

Madu juga mengandung zat antibiotik yang merupakan salah satu keunikan madu. Dari penelitian Peter C. Molan (1992), peneliti di Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Hamilton, New Zealand dibuktikan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Beberapa penyakit infeksi yang dapat "disembuhkan" dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur adalah batuk dan demam , penyakit jantung, hati, paru, penyakit penyakit yang dapat mengganggu fungsi mata, syaraf dan telinga plus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Dari hasil penelitian Kamaruddin (1997), peneliti di Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, Universiti of Malaya, di Kualalumpur, ditemukan paling tidak terdapat empat faktor yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri pada madu, yaitu kadar gula madu yang tinggi, senyawa radikal hidrogen peroksida, tingkat keasaman madu yang tinggi, dan senyawa organik yang bersifat antibakteri.

Kadar gula yang tinggi akan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga bakteri tak dapat hidup dan berkembang biak. Dengan adanya senyawa radikal hidrogen peroksida maka dapat membunuh
mikroorganisme yang sifatnya patogen. Melalui tingkat keasamanmadu yang tinggi maka akan otomatis mengurangi pertumbuhan dan daya hidup bakteri. Plus kandungan senyawa organik yang sifatnya antibakteri. Sejauh ini, kandungan senyawa organik yang telah diidentifikasi adalah polyphenol, flavonoid dan glikosida. Untuk mendapatkan manfaat madu pada kesehatan tubuh secara optimal hendaknya diperhatikan dosis penggunaannya dan keteraturan pengkonsumsiannya. Dari beberapa rujukan, banyak
dianjurkan untuk memberikan 2-3 sdm 2 kali sehari untuk tindakan penjagaan stamina dan kesehatan pada balita (Kalau dari penelitian pak widodo diberikan dosis 20 gr perhari pada sample balita tsb). . Sedangkan untuk pengobatan, lebih baik madunya dilarutkan dalam air agar lebih mudah di serap oleh tubuh. Ada pula beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengkonsumsi madu:

1. Madu yang berwarna lebih hitam biasanya lebih sehat di banding yang warnanya lebih muda. Peneiliti di University of Illnois menemukan bahwa kadar antioksidan dalam madu biasanya terkait dengan warna yang madunya miliki. Semakin gelap warna madu, maka semakin banyak kadar antioksidan yang ada. Seperti yang moms ketahui, radikal bebas yang ada di tubuh dapat merusak system informasi di sel sehingga dalam kasus ekstremnya dapat menimbukan penyakit kanker dll (ini bagiannya bu dokter nih :)). Namun tetap lho kita tidak mengandalkan efek antioksidan madu untuk kesehatan karena bagaimanapun madu bukan pengganti makanan yang sehat yang seharusnya di konsumsi.

2. Pengkonsumsian madu tidap dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Karena komposisi zat yang ada di madu hanya sebagian kecil memenuhi kebutuhan zat gizi
manusia dalam sehari.

3. Madu sebaiknya tidak dikonsumsi pada anak usia di bawah 1 tahun. Robert Koch Institut Berlin dan Oesterreichische Gesellschaft für Ernährung menyarankan agar bayi (0-12 bl) tidak diberikan madu dalam makanan yang dikonsumsinya. Alasan yang mereka kemukakan adalah kemungkinan munculnya penyakit Saeuglingsbotulismus (waduh ndak tau nih istilah kedokteran yang
benar :D) yang timbul melalui kerja dari Bakteri Clostridium botulinum. Penyakit di atas biasanya jarang terdiagnosa, namun dapat menimbulkan kematian pada bayi. Penyakit ini biasanya ditemukan hanya di usia pertama kehidupan sang anak, terutama memiliki efek yang fatal khususnya di usia 6 bulan pertama. "Hanya" di masa satu tahun pertama ini bakteri tersebut memiliki kemungkinan menimbulkan penyakit Saeuglingsbotulismus dengan proses "pengalih kekuasaan" di organ organ pencernaan kemudian menghasilkan/membentuk gift (Botulinustoxin) di tempat tersebut. Pada anak yang lebih tua dan dewasa kasus ini tak akan muncul,
kemungkinana karena di usia tersebut sudah terbentuk Darmflora yang lebih stabil. Namun peringatan ini tidak berlaku pada makanan jadi yang terkandung madu di dalamnya, karena proses pemanasan biasanya telah mematikan si bakteri penyebab penyakit.


1. MADU BUNGA KAPUK RANDU, berkhasiat:
1. Meningkatkan nafsu makan
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
3. Menyembuhkan sariawan
4. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
5. Memperlancar fungsi otak
2. MADU KARET, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menyembuhkan keputihan
3. Menyembuhkan gatal-gatal
4. Menyembuhkan alergi
5. Memperlancar fungsi otak
6. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
3. MADU BUNGA KOPI, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Membuat enak tidur
3. Memperlancar fungsi otak
4. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
4. MADU BUNGA KLENGKENG/SONOKELING, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Memperlancar urine
3. Memperkuat fungsi ginjal
4. Menyembuhkan sakit pinggang
5. Mempercepat penyembuhan luka operasi
6. Memperlancar fungsi otak
7. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)

5. MADU BUNGA DURIAN, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menghilangkan rasa mual
3. Membuat enak tidur
4. Memperlancar fungsi otak
5. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
6. MADU BUNGA RAMBUTAN, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Memperlancar urine
3. Memperkuat fungsi ginjal
4. Menyembuhkan sakit pinggang
5. Memperlancar fungsi otak
6. Menyembuhkan sakit maag
7. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
7. MADU BUNGA APEL/JAMBU AIR, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menghilangkan rasa mual
3. Memperkuat kandungan bagi ibu hamil
4. Memperlancar fungsi otak
5. Membuat enak tidur
6. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
8. MADU BUNGA MANGGA, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menghilangkan rasa mual
3. Memperkuat kandungan bagi ibu hamil
4. Memperlancar fungsi otak
5. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
9. MADU BUNGA KALIANDRA, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Meningkatkan hormon
3. Memperlancar pencernaan
4. Menyembuhkan darah tinggi
5. Membuat enak tidur
6. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
10. MADU LOKAL/MADU MULTIFLORA/MADU HUTAN, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menyembuhkan darah tinggi/darah rendah
3. Membuat enak tidur
4. Mengobati reumatik
5. Memperlancar fungsi otak
6. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
11. MADU BUNGA MAHONI/JAMBU MENTE, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menyembuhkan sakit malaria
3. Menyembuhkan keputihan bagi wanita
4. Memperlancar fungsi otak
5. Menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)
6. Menyembuhkan asam urat
12. MADU POLLEN (MADU + TEPUNGSARI BUNGA), berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Meningkatkan hormon
3. Menyuburkan peranakan
4. Menyembuhkan keputihan bagi wanita
5. Menghaluskan muka dan menghilangkan jerawat (dioles pada bagian muka) serta menjadikan kulit muka tidak berkeriput
6. Menghilangkan rasa letih yang berkepanjangan
7. Memperlancar fungsi otak
8. Menyembuhkan penyakit darah tinggi dan jantung
13. MADU SUPER (MADU + TEPUNGSARI BUNGA + ROYAL JELLY), berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Meningkatkan hormon
3. Menyuburkan peranakan bagi wanita
4. Sangat cocok dikonsumsi bagi pria dewasa
5. Menyembuhkan penyakit darah tinggi dan jantung
6. Menyembuhkan sel tubuh yang rusak
7. Mempercepat penyembuhan loka operasi
8. Mengendurkan bagian syaraf yang tegang
9. Menghilangkan rasa letih yang berkepanjangan
10. Memperlancar fungsi otak
14. ROYAL JELLY, berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Meningkatkan produksi hormon
3. Menyuburkan peranakan
4. Menyembuhkan darah tinggi/darah rendah
5. Memperlancar urine
6. Memperkuat fungsi ginjal
7. Menyembuhkan sakit pinggang
8. Mempercepat penyembuhan luka operasi
9. Mengendurkan bagian syaraf yang tegang
10. Menyembuhkan organ tubuh yang rusak
11. Menghilangkan rasa letih yang berkepanjangan
12. Memperlancar fungsi otak
13. Dapat dikonsumsi penderita Diabetes
15. TEPUNGSARI BUNGA (BEE POLLEN), berkhasiat:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Memperlambat proses penuaan dan menghaluskan kulit muka
3. Menurunkan kolesterol
4. Memperlancar fungsi pencernaan
5. Mengobati asma
6. Dapat dikonsumsi penderita Diabete
16. PROPOLIS
1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
2. Membantu menyembuhkan dan menjaga kulit dari masalah seperti jerawat, gatal-gatal, eksim dan lain-lain.
3. Menjaga mulut tetap segar dan nyaman
4. Membantu memperbaiki jaringan tubuh.
5. Menyejukan radang tenggorokan dan masalah sinusitis, membantu menyembuhkan penyakit maag, infeksi saluran pencernaan dan saluran kemih, dll.
Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari MADU, dalam mengkonsumsi sebaiknya menggunakan takaran yang direkomendasikan.
Pagi : Orang Dewasa : 40 gr / 2 sendok makan
Anak-anak : 20 gr / 1 sendok makan
Siang : Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan
Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan
Malam : Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan
Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan


MANFAAT MADU
1. Kerontokan Rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira2 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menitpun tetap efektif

2. Infeksi Kandung Kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam2 kuku. Setelah itu diminum.Ramuan ini membunuh kuman2 dalam kandung kemih

3. Sakit Gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit.Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.

4. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ons air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari2 meringankan gangguan kolesterol

5. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam2 kuku dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

6. Mandul
Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun2 untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur
sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim,lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad2 lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

7. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai keakar2nya.

8. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut

9. Bau Napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatanbiasa meminum ramuan tersebut dipagi hari

10. Sakit Kepala Sinus
Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus Migraine (sakit kepala)
Gunakan satu sendok makan madu yang dilarutkan dalam setengah gelas air hangat. Hisaplah sedikit demi sedikit pada saat awal serangan migraine. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali. Selalu efektif (sesuai dengan tip penyembuhan) untuk migraine yang berhubungan dengan stress.


11. Kelelahan
Studi terakhir menunjukan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk
kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapatmeningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun

12. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari

13. Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur
dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi.

14. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

15. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

16. Infeksi kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

17. Mencegah penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta men-cegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Arthritis (radang sendi / Encok)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.
Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

19. Penyakit jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung

20. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

21. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

22. Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

23. Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

24. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

25. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

26. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

27. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

28.Menjelang tidur, oleskan madu pada bibir Anda. Cara ini dapat melembutkan bibir, melembabkan dan sekaligus mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

29.Setiap pagi, minumlah 1 sendok makan madu murni. Cara ini berkhasiat untuk membantu menghaluskan sel-sel kulit dari dalam. Kalau Anda tidak tahan dengan manisnya madu, Anda bisa mencampurnya dengan 1 cangkir air putih hangat.

30.Cobalah bersantai dalam rendaman madu dan susu ramuan sendiri. Cara ini berguna untuk melembabkan kulit sekaligus menghaluskannya. Selain itu, madu dan susu bisa memberi asupan nutrisi bagi kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 ¼ cangkir full cream atau whole milk, ½ cangkir madu murni dan beberapa tetes minyak esensial mawar sebagai pewangi dalam wadah keramik. Setelah diaduk rata, masukkan campuran ini ke dalam bath tub yang telah diisi dengan air hangat. Berendamlah selama kurang lebih 15 menit dan rasakan sendiri khasiatnya.

31. Untuk luka baker Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Madu akan mendinginkan, menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhan tanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan anti biotika, bakteri tidak dapat hidup dalam madu

32. Ngompol Satu sendok teh madu sebelum tidur membantu mengurangi ngompol pada anak.

33. Kurang Tidur Satu sendok makan madu dimasukkan dalam satu cangkir susu panas akan membantu tidur dan bekerja baik

34. Pembersih Muka Campurkan madu dan oatmeal kira-kira sama perbandingannya, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci. Bagus sebagai penghilang jerawat dan lain-lain

35. Anemia (Kurang darah) Madu adalah penambah darah yang meningkatkan kandungan sel-sel darah. Makin hitam madu makin banyak mengandung mineral

36. Pengawet Makanan Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula pasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah. Kurangi cairan kira-kira seperlima untuk membiarkan kelembaban madu

37. Demam Hay (Demam karena kepekaan terhadap rumput atau jerami) Mengunyah bagian atas dari madu kental(bentuk padat) akan meningkatkan sistem kekebalan yang disebabkan oleh sejumlah kecil tepung sari yang terkandung dalam madu. Selama sakit kunyahlah satu sendok teh dari bagian atas madu tadi selama 20 menit lima sampai enam kali sehari. Sangat efektif dan berguna juga bagi penderita asma.

38. Botol Bayi Empat sendok teh madu masukkan ke dalam botol bayi yang berisi air, Hal ini adalah dot sekaligus penambah multivitamin yang sangat baik bagi bayi. Jika minuman bayi keluarnya terlalu encer kemudian kurangi dengan setengah sendok teh ; jika terlalu kental tambah dengan setengah sendok teh.

39. Pertumbuhan gigi bayi Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenang dan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.

40. Osteoporosis (Tulang kropos) Penelitian di Inggeris menunjukan bahwa satu sendok teh madu tiap hari akan membantu penggunaan kalsium dan mencegah tulang kropos. Penting untuk usia 50 tahun ke atas.

41. Sakit Mata (Kotoran/belek putih pada mata) Madu dilarutkan dalam sejumlah air hangat. Teteskan, bila sudah dingin, sebagai lotion atau tetes mata.

42. Obat Batuk 6 ons cairan madu 2 ons glycerine 2 buah jeruk lemon yang sudah dijus Dicampur rata. Masukkan dalam botol dan tutup rapat. Gunakan secukupnya.

43. Jika Anda punya masalah dengan jerawat, madu bisa digunakan untuk mengatasi masalah teresebut. Caranya pun cukup mudah;Hangatkan madu sampai lebih encer, lalu oleskan ke muka hangat-hangat dan biarkan selama 15 menit.Basuh dengan air hangat sampai bersih, kemudian lanjutkan dengan membilasnya lagi dengan air es.

44. Perpaduan si manis madu dan si segar wortel dalam ramuan satu ini akan sangat bermanfaat untuk facial bagi Anda yang memiliki tipe kulit normal cenderung berminyak. Kandungan vitamin A dan C-nya yang tinggi sangat baik untuk kulit wajah Anda.Sudah penasaran dan ingin menjajal ramuan facial si manis dan si segar ini? Ayo sediakan
• 4 ½ sendok makan madu
• 2-3 buah wortel berukuran besar
What to do?
1. Rebus wortelnya dan haluskan sampai lembut
2. Tuang madu dan campurkan dengan wortel yang telah dihaluskan tadi
3. Taruh ramuan facial yang telah Anda buat tadi di wajah dan ratakan.
4. Biarkan dan diamkan mengering di wajah Anda selama kurang lebih 10 menit.
5. Gunakan handuk yang telah dibasahi untuk membilas. Khasiat perpaduan si manis dan si segar ini akan semakin 'menjadi-jadi' bila Anda rutin meluangkan waktu untuk melakukannya seminggu sekali.

45. To Be coninued